8 cara mengetahui apakah berlian yg anda miliki asli atau palsu

 8  CARA MENGETAHUI BERLIAN ASLI &        PALSU YANG ANDA MILIKI 

Pernahkah anda  di belikan tunangan, pacar, dan hadiah teman sebuah Berlian,?? Pasti anda bertanya2 apakah ini ini asli/palsu .? Maka sebatas pengetahuan saya akan memberikan beberapa tips cara mengetahui berlian asli dg mudah. 
       

Uji 1: Cari kotoran

99,9 persen berlian tidak murni; mereka memiliki ketidaksempurnaan kecil. Berlian palsu umumnya sempurna. Jika Anda memiliki batu tanpa cela, bisa berarti itu memang yg terbaik,atau Anda memiliki yang palsu.
Alat :      
kaca pembesar atau pembesar, sebaiknya pembesaran 10x
Tingkat kesulitan:
Cukup sulit
Akurasi:
4/5

BAGAIMANA CARA MENCARI KETIDAKSEMPURNAAN DALAM BERLIAN?

Periksa berlian dengan lensa pembesar mungkin, sebaiknya 10 kali pembesaran. Cari bintik hitam kecil, gelembung udara atau patah tulang kecil. Kenali apa yang Anda cari dan jangan lupa cari goresan disetiap sisinya juga. Ini karena berlian yang sesungguhnya tidak mudah tergores. Dapatkah 'menemukan kotoran? 
Untuk trick ini memang tidak mudah, dibutuhkan pelatihan mata khusus yg bisa anda pelajari dari sekitar. 

Uji 2: Periksa sisi

Jauh lebih mudah dari yg pertama.Lihatlah sisi-sisi yang telah dipotong berlian itu / segi . Pastikan cari celah goresanya, 
Alat:     
kaca pembesar atau pembesar, sebaiknya pembesaran 10x
Kesulitan:
Sedang
Akurasi:
4/5

BAGAIMANA CARA MEMERIKSA SEGI BERLIAN?

Berlian asli memiliki tepi yang tajam karena dipotong oleh pemotong berlian profesional. Berlian palsupun sering dibuat oleh pencetaknya dg tajam, tujuanya untuk menggores kaca, biasanya ini terdapat pada zircon,

Uji 3: Lihatlah logamnya(khusus cincin) 

Jenis logam yang dilapisi / bertahtakan berlian, bisa memberi tahu Anda banyak hal. 
Alat:
Tidak ada
Tingkat kesulitan:
Mudah
Akurasi:
2,5 / 5

DI MANA SAYA MENCARI SAAT MEMERIKSA CIRI KHAS LOGAM DARI CINCIN BERLIAN?

Meski bukan tes yang sangat mudah, tp bisa dibilang  mudah. Karena berlian itu mahal harganya, bahan yang sering di pakai bahan yang lebih mewah dan mahal. Jika logam itu berlapis perak atau berlapis selain Emas,Anda bisa yakin berlian itu palsu.( ga semuanya yah)  Berlian asli biasanya menggunakan Emas putih, kuning atau emas mawar atau di cincin platinum.

Uji 4: Evaluasi pengaturan dan pengerjaan

Penggosok berlian asli dan tukang emas bangga dengan pekerjaan mereka.
Alat:
Tidak ada
Tingkat kesulitan:
Cukup mudah
Akurasi:
3/5
Tes ini pada dasarnya merupakan tambahan dari yang sebelumnya. Jika pengaturannya berkualitas buruk atau jika keahliannya buruk, berlian itu mungkin palsu. Seorang pekerja berlian sejati memastikan berlian ditempatkan dengan hati-hati karena dia bangga dengan pekerjaannya. Kesan keseluruhan cincin itu sangat cocok./ tp tdk tahu juga mungkin saja penyeting cincinya masih amatir. Kaya saya.. Hehehe

Uji 5: Di amplas

Sebenarnya kalau yg 1 ini merupakan tips yg tidak recomend, tapi tdk usah kuatir ,berlian asli tdk akan tergores, paling cuma kotor.

Alat
Amplas
Tingkat kesulitan:
Mudah
Akurasi:
4/5

tetap ada caranya loh.. pelan2 saja


Uji 6: Bernapaslah di atas berlian

Anda tahu bagaimana membuat jendela berkabut dengan menggunakan nafas Anda? Mari kita lihat apakah kita bisa membuat berlian Anda berkabut.
Alat:Tidak ada
Tingkat kesulitan:
Mudah
Akurasi:
3/5

BAGAIMANA KABUT BERLIAN?

Bernapas dengan berlian dengan nafas hangat, seperti yang akan Anda lakukan di jendela untuk membuat kabut di atasnya. Sebuah berlian palsu akan ditutupi kabut dalam waktu singkat; berlian yang sebenarnya tidak akan berkabut. Intan sejati tidak menahan panas napas Anda. Kesulitan dalam tes ini terutama terkait dengan ukuran berlian. Untuk berlian kecil lebih sulit untuk memutuskan apakah ia berkabut atau tidak. Jika memungkinkan, coba trik yang sama dengan berlian yang Anda tahu itu palsu. Jika kedua "berlian" kabut sama, Anda tahu keduanya sama-sama palsu, 

Uji 7: Perhatikan pelangi

Cara berlian memantulkan cahaya itu unik. Jauhkan berlian di bawah cahaya dan lihat silaunya
Alat:
Cahaya alami
Tingkat kesulitan:
Sedang
Akurasi:
4/5

BAGAIMANA cara MENEMUKAN PELANGI BERLIAN?

Seperti yang Anda tahu, berlian bisa membuat pelangi di permukaan mana pun saat memantulkan cahaya. Di dalam berlian itu cahaya tampak berwarna abu-abu dan putih. Di luar berlian Anda akan melihat warna pelangi. Sedangkan berlian yang silau dengan efek prisma dan membiarkan warna pelangi muncul di dalam berlian biasanya palsu. Kesulitan dalam tes ini adalah bahwa beberapa berlian palsu bersinar lebih terang dari yang asli. Sebuah moissanite misalnya.

Uji 8: KORAN

Alat:
Koran
Tingkat kesulitan:
Mudah
Akurasi:
4/5

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN KORAN UNTUK MENGUJI BERLIAN?

Sayangnya, tes ini hanya bisa digunakan untuk berlian yang Besar  Lihatlah pantulan berlian itu. Tempatkan berlian di atas koran dan jika Anda tidak dapat melihat huruf melalui berlian yg diletakan diatas koran biasanya itu benar-benar asli. Ini karena berlian menekuk cahaya dengan cara yang berbeda. Tapi jika berlian palsu, maka anda akan tetap bisa membaca tulisan koran itu dari berlian itu sendri.. 

Begitulah sob kiranya..!!  Sangat mudah bukan..??  
Silahkan ikuti saya untuk tips berikutnya.. Salam sukses [ Rus]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGHITUNG HARGA BERLIAN BERDASARKAN RAPAPORT

Apa itu MOISSANITE,SIMULANT DIAMOND,